Wisuda Ketiga PSPPI

Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) angkatan ketiga diwisuda dan diambil Sumpah Insinyurnya pada hari ini, Rabu, 11 Desember 2019.

Prosesi Wisuda dibuka oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. Usai pembukaan prosesi dilanjutkan dengan laporan oleh Dekan FT-UB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT.

Dilaporkan bahwa seluruh wisudawan hari ini telah memenuhi semua persyaratan akademik dan administrasi untuk menjadi seorang insinyur. Penilaian dilakukan melalui asesmen portofolio dari peserta didik menggunakan mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Latar belakang peserta didik hari ini antara lain; dari Perguruan Tinggi sebanyak 12 wisudawan, dari Pemerintah Pusat 3 wisudawan, dari Pemerintah Propinsi 2 wisudawan, Pemerintah Kabupaten/Kota 2 wisudawan, dari BUMN 6 wisudawan, BUMD 1 wisudawan, Praktisi Konsultan Teknik 1 wisudawan, dan Praktisi Kontraktor Teknik sebanyak 1 wisudawan.

“Hingga saat ini Jurusan Profesi Keinsinyuran sudah mewisuda 67 orang, semoga rektor berkenan untuk mewisuda dan melantik para peserta didik,” pungkasnya.

Sebelum mewisuda ke-28 calon insinyur, Rektor UB, Prof. Ir. Nuhfil menegaskan bahwa di masa depan profesi insinyur ini menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia.

“Kalau SDM meningkat, tentu pertumbuhan ekonomi juga turut meningkat,” tukasnya.

Sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran, Insinyur adalah gelar yang diberikan oleh Perguruan Tinggi bagi lulusan setelah mengikuti pendidikan profesi Pasca S1.

Gelar Insinyur ini menjadi penting bagi para praktisi keinsinyuran, karena pasal 10  menyebutkan “Setiap Insinyur yang akan melakukan Praktik Keinsinyuran di Indonesia harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur”.

Hal ini diungkapkan oleh Prof. Dr. Ir. Moh Bisri, MS selaku Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Jawa Timur dalam sambutannya. Ia menambahkan, Pemerintah sudah mulai menata kompetensi para sarjana, sehingga insinyur yang akan melaksanakan praktik keinsinyuran harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) yang syarat utamanya harus sudah memiliki ijazah profesi insinyur.

“Bagi yang diwisuda hari ini saya ucapkan selamat, Saudara sudah memenuhi salah satu syarat untuk mendapatkan ijin praktik,” ujar Guru Besar Teknik Pengairan FTUB ini.

Untuk diketahui, Wisudawan terbaik peraih predikat cumlaude pada angkatan ketiga ini adalah Ir Unggul Wibawa MSc, Dr Ir Rini Nur Hasanah ST MSc, dan Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT.

Berikut adalah daftar wisudawan Jurusan Profesi Keteknikan PSPPI angkatan III TAhun Akademik 2019/2020:

1. Dr. Rini Nur Hasanah, ST., MT., M. Sc
2. Indra Waluyohadi, ST., MT
3. Mohammad Hamzah Hasyim, ST., M. Eng. Sc
4. Retno Wulandari, ST., MT
5. Hendi Bowoputro, ST., MT
6. Hendra Prasetya Wibowo, ST
7. Ir. Unggul Wibawa, M. Sc
8. Bayu Wicaksono., ST., MT
9. Eko Nurmawan MW., ST
10. Bhondana Bayu BK, ST., MT
11. Ananda Insan Firdausy, ST., MT., M. Sc
12. Runi Asmaranto, ST., MT
13. Harvy Irvani., ST., MT
14. Yazid Zamroni, ST
15. Ir. Diah Ayu Kusumadewi, MT
16. Dr. Eng. Riyanto Haribowo, ST., MT
17. Arief Rahman Setiono, ST., MT
18. Dr. Kukuh Lukiyanto, ST., MM., MT
19. Ali Mustofa, ST., MT
20. Purnyoto, ST
21. Dr. techn. Yusfan Adeputera Yusran, ST., MT
22. Ferditya Krisnanda, ST
23. Imanudin, ST., MH
24. Tugiman, ST., M.MT
25. Emil Wahyudianto, ST., M. Eng
26. Khoirul Huda, ST., MM
27. Diana Mulya Dewi, ST., M.Si., MT
28. Ashar Anas, ST.