Beberapa saat yang lalu PSPPI telah menerima dan melaksanakan ORDIK untuk 85 mahasiswa baru PSPPI angkatan 7. Pada semester ganjil 2021/2022 ini PSPPI FTUB berusaha menjembatani mahasiswa dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dalam rangka pengurusan sertifikat insinyur profesional. Dalam rangka mendukung usaha tersebut, PSPPI FTUB mengadakan workshop yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam mendaftarkan diri menjadi Insinyur Profesional melalui pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP). Kegiatan proses belajar mengajar PSPPI FTUB jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang dilaksanakan hanya satu semester setiap angkatan ini, diharapkan dapat terlaksana secara efektif sampai peserta bisa mendapatkan gelar insinyur (Ir.), Insinyur Profesional (IPP/IPM/IPU), bahkan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

Workshop pengisian FAIP ini dilaksanakan selama 4 hari secara berturut turut (30 Agustus – 2 September 2021), dimulai dari jam 19.00. Dikarenakan semua peserta program RPL ini merupakan pekerja aktif, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan workshop ini. Hal ini untuk menghindari banyaknya bentrok dengan jadwal bekerja mahasiswa. Pemateri dalam workshop ini adalah Bapak Ruly Ahmad, S.Kom., IPM. Beliau adalah koordinator Lembaga Sertifikasi Kompetensi Insinyur Persatuan Insinyur Indonesia (LSKI  PII). Workshop dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom, sehingga semua mahasiswa dapat mengikuti meski sedang berada di tempat kerja, terutama yang sedang shift malam.

HARI JAM MATERI
Senin, 30-08-2021 19.00 – 20.30 Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional (SSIP)
Selasa, 31-08-2021 19.00 – 20.30 Bakuan Kompetensi Insinyur Profesional dan Penjelasan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Rabu, 01-09-2021 19.00 – 20.30 Tata Cara Pengisian Form Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP)
Kamis, 02-09-2021 19.00 – 21.00 Bimbingan Praktek Pengisian Form Aplikasi Insinyur Profesional

Dalam workshop ini, banyak sekali pertanyaan dari mahasiswa. Seolah-oleh mahasiswa sudah mempersiapkan pertanyaan tersebut jauh jauh hari. Antusiasme mahasiswa PSPPI angkatan 7 perlu diapresiasi. Pengisian FAIP saat ini harus dilakukan secara online dengan didahului registrasi melalui http://updmember.pii.or.id/auth/register. Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D., IPU. selaku Ketua Jurusan beserta Sekretaris Jurusan, Ir. Rinawati P. Handajani, MT, IPM. selalu mengikuti setiap sesi. Hal ini menjadi perhatian Pimpinan Jurusan Profesi Keinsinyuran karena memang ditargetkan mahasiswa PSPPI bisa mendapatkan pemahaman atas langkah yang tepat dalam pengisian FAIP secara online ini. Sistem baru menggunakan aplikasi/web site SIMPoNI ini tergolong baru diantara para mahasiswa PSPPI. Pimpinan jurusan juga berharap dengan adanya workshop ini, mahasiswa PSPPI angkatan 7 akan memiliki gambaran detil tentang mendapatkan sertifikat IP dan STRI di samping mendapatkan Ir. Pimpinan Jurusan menutup sambutannya dengan memberikan semangat kepada para mahasiswa dalam mengisi FAIP secara online karena mereka harus mengingat dan mendata apa saja praktek keinsinyuran yang telah dikerjakan selama setelah lulus S1 sampai saat ini sebelum mengisikannya di website. (zab)