psppi2 (1)Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) mewisuda 19 orang insinyur lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Jurusan Profesi Keinsinyuran pada hari Kamis (27/Jun/2019), di Auditorium Prof. Ir. Suryono.

Wisuda kedua ini dibuka oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S. Usai pembukaan prosesi dilanjutkan dengan laporan oleh Dekan FT-UB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT.

Dalam laporannya Dekan menyampaikan ke-19 wisudawan telah memenuhi semua persyaratan akademik dan administrasi untuk menjadi seorang insinyur.

“Penilaian peserta akademik dilakukan melalui asesmen portofolio dari masing-masing peserta akademik melalui rekognisi pembelajaran lampau atau RPL,” ujarnya.

Adapun latar belakang peserta yang diwisuda adalah 8 orang dari FT-UB, 1 orang dari Fakultas Pertanian (FP) UB, 4 orang dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur, dan 1 orang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang.

Lebih lanjut, 1 orang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayidman Magetan, 2 orang dari BUMN PT. Pembangunan Perumahan (PP), 1 orang dari BUMN PT. Jasa Tirta, dan 2 orang dari praktisi konsultan teknik. Sampai saat ini, PSPPI FT-UB telah mewisuda 39 orang.

Prosesi wisuda dilanjutkan dengan penyematan helm oleh Rektor kepada perwakilan wisudawan dan diikuti oleh seluruh wisudawan.

Kemudian secara bergantian wisudawan menerima ijazah dari Dekan dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh Rektor dan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS.

Usai menerima ijazah, wisudawan secara bersama-sama membacakan janji insinyur. Selanjutnya dilakukan penandatanganan janji insinyur oleh perwakilan wisudawan dan Ketua PII Wilayah Jawa Timur.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S dalam sambutannya mengaku bangga dan berharap para wisudawan setelah menyandang gelar insinyur kinerjanya lebih meningkat lagi sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.

“Peserta yang ikut wisuda ini orang-orang yang hebat-hebat. Saya tahu disini ada beberapa yang sudah Ph.D, sudah doktor, masih ikut profesi insinyur, benar-benar hebat!” ujarnya. (and)

Leave a Reply